Bandung, 9 Juli 2018

Pengurus Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Jawa Barat bekerjasama dengan ?Kejaksaan Tinggi Jawa Barat dalam menyelenggarakan kejuaraan "Kajati Jabar-Karate Open Championship" yang akan berlangsung mulai tanggal 18 s.d 20 Juli 2018, di komplek Sport Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Bandung.

Kejuaraan Daerah (Kejurda) Karate tersebut menjadi ajang Sirkuit III sekaligus peringatan Hari Bakti Adhyaksa ke-58 tahun 2018.

"Jadwal kegiatan Sirkuit III Karate Jabar peringatan Hari Bakti Adhyaksa 2018 ini kan berbarengan. Jadi kami tawarkan juga ke Kejati Jabar. Dan gayung bersambut sehingga kita gelar sirkuit ini dengan nama Kajati Jabar-Open Karate Championship 2018," ujar Ketum Forki Jawa Barat Gianto saat memberikan keterangan pers di aula kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Senin sore (9/7/2018).

Untuk peserta, lanjunya, akan diikuti oleh atlet yang dikirimkan pengcab Forki Kota/Kabupaten dan perguruan karate di Jabar. Jumlah peserta sendiri dibatasi hingga 1.000 atlet karate.

"Kalau dibebaskan, bisa lebih dari 1.000 atlet karena mempertandingkan mulai dari kategori pra usia dini hingga senior. Tapi kita batasi sesuai dengan waktu dan kondisi lapangan pertandingan. Kita ingin sisi prestasi yang dicapai jelas, bukan dari sisi kuantitas. Bagaimana dari kejuaraan ini lahir atlet yang akan jadi pelapis atlet elite ke depan,” tegasnya.

Ketua Panitia Pelaksana Hari Bakti Adhyaksa 2018, ?Hutama Wisnu menuturkan, keikutsertaan Kejati Jabar pada kejuaraan Karate merupakan salah satu bentuk pengabdian ke masyarakat. Selain itu, momen pelaksanaan kegiatan bertepatan dengan peringatan Hari Bakti Adhyaksa Tahun 2018.

"Untuk peringatan Hari Bakti Adhyaksa tahun 2018 sendiri, kita melakukan berbagai kegiatan termasuk di bidang olahraga, seperti cabang olahraga tenis meja, catur, bola voli, dan cabang olahraga lain yang mempertandingkan antar Kejaksaan Negeri? di Jawa Barat. Namun kegiatan olahraga yang dibuka untuk umum, hanya di cabang olahraga karate ini," ujar Wisnu.

?Keikutsertaan Kejati Jabar pada ajang kejuaraan karate ini, lanjutnya, sebagai salah satu bentuk dukungan pihaknya terhadap perkembangan pembinaan keolahragaan di Jabar yang dilakukan KONI Jabar dan pengurus cabang olahraga. "Secara luas, dukungan kami bagi pelaksanaan Asian Games XVIII pada Agustus 2018 di Indonesia. Khususnya cabang olahraga yang digelar di wilayah Jabar," katanya.

"Dari ajang kejuaraan daerah ini, kami berharap akan lahir atlet-atlet potensial baru di cabang olahraga karate? yang tidak hanya menjadi andalan Jabar di even nasional, tapi juga bagi Indonesia di berbagai even internasional. Kami akan terus mendukung penuh kegiatan olahraga dan berharap masyarakat pun bisa ikut serta berperan aktif," pungkas beliau. (zM/gaF)